Tahap Penyambungan Pipa Dan Fitting Dengan Lem Pipa
14 April 2021

Tahap Penyambungan Pipa Dan Fitting Dengan Lem Pipa

By salma

Proses penyambungan antara pipa dan fitting untuk membutuhkan alat tambahan lagi berupa lem pipa. Tahap penyambungan ini membutuhkan beberapa step yang tidak boleh sembarangan dilakukan. Dikatakan tidak boleh sembarangan karena jika asal dalam penyambungan pipa akan membuat antara pipa dan sambungannya tidak awet. Tidak awet disini bisa ditandai dengan pipa yang mudah sekali bocor dan airnya merembes keluar.

Tahap Penyambungan Pipa Dan Fitting Dengan Lem Pipa

Tidak perlu berlama-lama lagi, disini akan dijelaskan langkah demi langkah dalam penyambungan pipa dan fitting menggunakan lem pipa. Baca artikel sampai habis agar anda bisa memasang penyambungan pipa dengan sempurna.

  • Pastikan pipa bersih, agar proses perkaratan pipa lebih sempurna maka anda harus membersihkan seluruh bagian pipa. Meskipun hanya bagian ujungnya saja yang akan disambungkan Apa salahnya jika semua bagian pipa yang akan digunakan bersih. Pembersihan pipa ini tidak boleh menggunakan amplas karena akan merusak permukaan ujung pipa. Anda bisa menggunakan kain lap saja agar ujung pipa tidak rusak ataupun bentuknya berubah. Setelah dibersihkan pastikan juga pipa benar-benar kering jika memang sebelumnya dilakukan pembersihan lewat lap basah.
  • Mengoleskan pipa dengan lem, lem pipa PVC terkuat sangat penting dipilih agar proses penyambungan bisa lebih tahan lama. Jika antara pipa dan fitting tidak disambung dengan sempurna maka sangat rawan terjadi kebocoran pipa dan rembesan air yang mudah sekali keluar. Oleskan terlebih dahulu lem ke bagian fitting secara merata. Karena biasanya perekat pipa sangat cepat kering, maka dari itu lebih baik pengolahannya dilakukan terlebih dahulu pada fitting lalu kemudian langsung disambungkan ke pipa. Proses ini harus dilakukan secepat mungkin agar lem tidak keburu kering.
  • Setelah itu pastikan bahwa penyambungan ini sudah dilakukan dengan sempurna dan lem PVC cepat kering benar-benar kering. Proses selanjutnya adalah membersihkan bagian-bagian yang tersisa dari perekat pipa di badan pipa. Proses pembersihan ini tentu saja bisa memudahkan pengeringan pipa agar bisa segera digunakan.
  • Lalu kemudian coba aliri pipa dengan air dan lihat bagaimana reaksinya. Jika tidak ada air yang merembes maka bisa dipastikan bahwa sambungan pipa sudah berhasil dilakukan.

Dalam pemilihan lem pipa untuk merekatkan pipa ada beberapa varian yang bisa dibeli. Namun sebaiknya Anda memilih lem yang memang dikhususkan untuk menyambungkan pipa dan fitting salah satunya dari merek Rucika. RuGlue dari Rucika merupakan produk dengan kualitas terbaik karena fungsi sifat solvent cement. Artinya lem ini tidak hanya mampu menyambungkan pipa dan fitting tapi juga mensenyawakan keduanya. Persenyawaan antara pipa dan fitting membuatnya tersambung sempurna dan tidak mudah bocor.

Anda juga bisa mendapatkan produk perpipaan lainnya dari Rucika dengan kualitas yang sama bagusnya. Jika anda berkunjung ke www.rucika.co.id Rucika merupakan produsen produk perpipaan sejak puluhan tahun lalu dan sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Produk perpipaan dari Rucika tidak hanya dipakai untuk instalasi pipa air rumah tangga saja tapi juga pada proyek-proyek besar.  Produk Pipa dari Rucika juga sudah berstandar SNI sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanan pemakaian pipa ini. Terlebih pipa dari merek ini juga sangat ramah lingkungan karena ketika sudah tidak bisa dipakai bisa didaur ulang sehingga tidak akan mencemari sekitar karena limbahnya. Untuk harga produk perpipaan dari Rucika juga terjangkau. Perekat RuGlue misalnya dijual mulai harga belasan ribu saja untuk varian tube, sementara untuk varian kaleng harganya lebih mahal karena memang istrinya juga lebih banyak.